PENGARUH KEMAMPUAN DASAR GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SURUH TAHUN AJARAN 2008/2009

Jumiati., Jumiati. (2009) PENGARUH KEMAMPUAN DASAR GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SURUH TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050047.pdf

Download (59kB)
[img] PDF
A210050047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kemampuan dasar guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 2) pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 3) pengaruh kemampuan dasar guru dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 160 orang siswa. Sampel diambil sebanyak 110 orang siswa dan diambil dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dengan skala 4, 3, 2, dan 1. Angket sebelumnya diujicobakan (try out) dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan: Y = 19,983 + 0,734.X1 + 0,590.X2. Artinya prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh kemampuan dasar guru dan lingkungan belajar. Hasil uji koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan bahwa kemampuan dasar guru dan lingkungan belajar memberikan sumbangan sebesar 63,7% terhadap prestasi belajar, sedangkan 36,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain, misalnya intelegensi siswa, metode mengajar, sarana belajar, dan sebagainya . Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Kemampuan dasar guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi yang memperoleh t hitung X1 (8,935) diterima pada taraf signifikansi 5% 2) Lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X2 (6,033) diterima pada taraf signifikansi 5%. 3) Kemampuan dasar guru dan lingkungan belajar positif berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung (93,683) diterima pada taraf signifikansi 5%. 4) Perhitungan sumbangan relatif dan efektif menunjukkan bahwa variabel kemampuan dasar guru memberikan sumbangan relatif sebesar 63,8% dan sumbangan efektif 40,6% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Variabel lingkungan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 36,2% dan sumbangan efektif 23,1% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan dasar guru, lingkungan belajar, prestasi belajar ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Nov 2009 07:36
Last Modified: 16 Nov 2010 02:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4680

Actions (login required)

View Item View Item