SETIAWAN, IYAN (2009) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE PADA POKOK BAHASAN PERSEGI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIIA SMP Raden Fatah Cilacap). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050076.pdf Download (25kB) |
|
PDF
A410050076.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas siswa pada pokok bahasan persegi dengan menggunakan pembelajaran aktif tipe Question Student Have. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Raden Fatah, Cilacap yang berjumlah 29 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari kreativitas siswa dalam: 1) mengemukakan gagasan/ide meningkat dari (0%) menjadi (65.5%), 2) menyampaikan pertanyaan meningkat dari (13.8%) menjadi (65.5%), 3) menyampaikan jawaban meningkat dari (10.3%) menjadi (68.9%), 4) akif dalammengerjakan tugas meningkat dari (41.4%) menjadi (82.8%), 5) hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai ≥60 meningkat dari (48,1%) menjadi (68.9%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Question Student Have dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, kreativitas, Question-Student-Have, hasil-belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 17 Nov 2009 07:27 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 02:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4677 |
Actions (login required)
View Item |