Suyatmi, Tri (2009) PENGARUH KETRAMPILAN MENGAJAR DAN KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VII SMP N I JATINOM (Tahun Ajaran 2008-2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A210050037.pdf Download (66kB) |
|
PDF
A210050037.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh ketrampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) pengaruh kepribadian guru terhadap prestasi belajar ekonomi; 3) pengaruh ketrampilan mengajar guru dan kepribadian guru terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Jatinom tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 224 orang siswa. Sampel sebanyak 56 orang siswa (25%) yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data diperoleh melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan: Y = 44,196 + 0,482.X1 + 0,312.X¬2 yang artinya prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar dan kepribadian guru. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jatinom Klaten tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X1 (5,075) diterima pada taraf signifikansi 5%. 2) Persepsi siswa mengenai kepribadian guru berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jatinom Klaten tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X2 (4,738) diterima pada taraf signifikansi 5%. 3) Persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar dan kepribadian guru berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jatinom Klaten tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung (42,939) diterima pada taraf signifikansi 5%. 4) Perhitungan sumbangan relatif dan efektif menunjukkan bahwa variabel persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru memberikan sumbangan relatif sebesar 52,4% dan sumbangan efektif 32,4% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Variabel persepsi siswa mengenai kepribadian guru memberikan sumbangan relatif sebesar 47,6% dan sumbangan efektif 29,4% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Total sumbangan efektif (R2) dari variabel persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar dan kepribadian guru terhadap prestasi belajar adalah sebesar 61,8%, sedangkan 38,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ketrampilan mengajar, kepribadian guru, prestasi belajar ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Nov 2009 08:58 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 03:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4658 |
Actions (login required)
View Item |