PENGARUH KENAKALAN REMAJA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA

Triyaningsih, Retno (2009) PENGARUH KENAKALAN REMAJA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050027.pdf

Download (115kB)
[img] PDF
A210050027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kenakalan remaja terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. 2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. 3) pengaruh kenakalan remaja dan lingkungan keluarga secara bersama - sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menguji hipotesis melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 186 orang. Sampel yang diambil sebanyak 50 siswa yang diambil dengan teknik proposional random sampling atau diambil dengan cara undian. Data diperoleh melalui penyebaran angket dan dokumentasi. Angket diuji cobakan terlebih dahulu dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2 dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenakalan remaja dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Hal ini dapat dilihat dari persamaan hasil regresi sebagai berikut: Y = 5,466 - 0,070.X1 + 0,085.X2. Selanjutnya hasil uji koefisien determinasi memperoleh nilai R2 sebesar = 0,633 yang menunjukkan bahwa variabel kenakalan remaja dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 63,3%, sedangkan 36,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini yang tidak diteliti, misalnya intelegensi, perhatian guru, dan fasilitas belajar. Kemudian hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa: (1) kenakalan remaja berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X1 = -4,839 lebih besar dari nilai ttabel 2,021 pada taraf signifikansi 5%; (2) lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X2 = 5,082 lebih besar dari nilai ttabel 2,021 pada taraf signifikansi 5%.(3) Kenakalan remaja dan Lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 40,540 lebih besar dari Ftabel (3,23) pada taraf signifikansi 5%. Perhitungan sumbangan relatif menunjukkan bahwa variabel kenakalan remaja memberikan sumbangan relatif sebesar 48,3% dan sumbangan efektif 30.6%, sedangkan variable lingkungan keluarga memberikan sumbangan relatif sebesar 51,7% dan sumbangan efektif 32,7%. Total sumbangan variabel kenakalan remaja dan lingkungan keluarga memberikan sumbangan sebesar 63,3% terhadap prestasi belajar ekonomi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kenakalan Remaja, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Nov 2009 08:45
Last Modified: 02 Jan 2012 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4653

Actions (login required)

View Item View Item