IKLIM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BILINGUAL PADA SEKOLAH DASAR BERSTANDAR INTERNASIONAL KELAS IV SDII AL-ABIDIN SURAKARTA

HIDAYATI, ZAENUR FARIDAH (2009) IKLIM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BILINGUAL PADA SEKOLAH DASAR BERSTANDAR INTERNASIONAL KELAS IV SDII AL-ABIDIN SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050051.pdf

Download (149kB)
[img] PDF
A410050051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan iklim pembelajaran matematika bilingual yang meliputi aspek kekompakan, kepuasan, kesulitan, formalitas, pengarahan pada tujuan, demokrasi, lingkungan fisik, kecepatan, keberagaman, kompetisi, perselisihan, kemandirian, inovasi, dukungan dari guru, keterlibatan, kelengkapan sumber, dan keamanan dan keteraturan lingkungan pada sekolah dasar. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Informan, guru matematika dan siswa kelas IV di SDII Al-Abidin Surakarta. Guru sebagai key informannya. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumetasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian (1) kekompakan guru dan siswa di kelas terlihat jelas, (2) siswa cukup puas terhadap nilai matematika dan cara guru mengajar, (3) kesulitan dalam belajar matematika bilingual diatasi dengan metode-metode inovatif, (4) formalitas kelas terlihat, guru dan siswa terlibat aktif dalam ketertiban kelas, (5) guru selalu memberikan tujuan pembelajaran, (6) semua keputusan kelas diambil secara musyawarah, (7) bangunan kelas sangat layak dan nyaman untuk kegiatan belajar mengajar, (8) kecepatan guru dalam mengajar disesuaikan dengan topiknya, (9) tidak ada siswa yang berasal dari daerah luar surakarta, (10) kompetisi antar siswa berjalan dinamis, (11) tidak pernah terjadi perselisihan atar siswa yang berakibat fatal, (12) siswa selalu dikondisikan untuk belajar mandiri, (13) guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, (14) guru selalu memotivasi semua siswa tanpa pilih kasih, (15) siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, (16) tersedia kelengkapan sumber belajar seperti buku, namun untuk alat peraga masih minim, (17) siswa merasa cukup aman ketika meninggalkan barangnya di kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: iklim kelas, bilingual, berstandar internasional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 16 Nov 2009 08:40
Last Modified: 24 Oct 2011 07:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4651

Actions (login required)

View Item View Item