EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL ELABORASI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (Siswa Kelas VIII MTs N I Gondangrejo)

WURYANI, LAELA (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL ELABORASI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (Siswa Kelas VIII MTs N I Gondangrejo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050047.pdf

Download (81kB)
[img] PDF
A410050047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan metode elaborasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh interaksi metode elaborasi dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri I Gondangrejo Karanganyar tahun 2008/2009, sedang sampel yang diambil secara undian sebanyak 71 siswa yang dijadikan 2 kelas yaitu kelas aksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket, dan dokumentasi. Uji pendahuluan dengan uji matching, uji prasyarat analisis dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Data dianalisis dengan Analisis Variansi Dua Jalan dengan Frekuensi Sel Tak Sama. Hasil pengujian hipotesis dengan α = 0,05 menunjukkan: 1) tidak ada pengaruh yang signifikan metode elaborasi dan metode konvensional terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel, hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya Fhitung = 0,696, sedangkan Ftabel = 3,99 maka HOA diterima, 2) terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel, hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya Fhitung=14,36, sedangkan Ftabel= 3,14 maka HOB ditolak, 3) tidak ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel, hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya Fhitung= 2,11, sedangkan Ftabel= 3,14 maka HOAB diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Matematika, Elaborasi, Kemandirian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 16 Nov 2009 08:25
Last Modified: 02 Jan 2012 09:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4648

Actions (login required)

View Item View Item