EKSPERIMENTASI PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE QUANTUM TEACHING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DITINJAU DARI AKTIVITAS SISWA (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sidoharjo Sragen)

RIMBA WATI, TRI (2009) EKSPERIMENTASI PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE QUANTUM TEACHING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DITINJAU DARI AKTIVITAS SISWA (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sidoharjo Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050042.pdf

Download (61kB)
[img] PDF
A410050042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

16 ABSTRAK EKSPERIMENTASI PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE QUANTUM TEACHING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DITINJAU DARI AKTIVITAS SISWA (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sidoharjo Sragen) Tri Rimba Wati (A410050042), Jurusan Pendidikan Matematika, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009, 92 halaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Adanya pengaruh penggunaan metode Quantum Teaching dan pendekatan Kontekstual terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran. (2) Adanya pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pokok bahasan lingkaran. (3) Adanya interaksi antara metode mengajar dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sidoharjo, Sragen tahun ajaran 2008/2009. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode test, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis variansi dua jalur dengan sel tidak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis variansi dua jalan dengan sel tidak sama pada � = 5% diperoleh : (1) Fhitung = 11,290 > Ftabel = 3,982 berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode Quantum Teaching dengan pendekatan Kontekstual terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran, (2) Fhitung = 1,866 < Ftabel = 3,132 berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Fhitung = 4,758 > Ftabel = 3,132 berarti terdapat interaksi antara metode pembelajaran Quantum Teaching dan pendekatan Kontekstual dengan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Quantum Teaching dengan pendekatan Kontekstual terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran, tidak terdapat pengaruh yang signifikan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, terdapat interaksi antara metode pembelajaran Quantum Teaching dan pendekatan Kontekstual dengan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Kontekstual, Aktivitas belajar, Prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 16 Nov 2009 08:14
Last Modified: 16 Nov 2010 03:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4645

Actions (login required)

View Item View Item