FATHONAH, UMMU (2009) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA POKOK BAHASAN LOGIKA MATEMATIKA ( SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGADIROJO PACITAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050018.pdf Download (291kB) |
|
PDF
A410050018.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan metode Inkuiri terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan logika matematika. 2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan logika matematika. 3) pengaruh interaksi antara metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan metode Inkuiri dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan logika matematika.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngadiojo 2008/2009. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan metode TAI dan kelas kontrol diberikan metode Inkuiri, dengan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar matematika siswa serta menggunakan nilai ulangan harian siswa untuk memperoleh data kemampuan awal siswa. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan pengujian prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Bartlett. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan � = 5% dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh metode kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan metode inkuiri terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan logika matematika, dengan Fhitung = 5,76. 2) tidak terdapat pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fhitung = 2,06. 3) tidak terdapat pengaruh efek interaksi metode mengajar dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fhitung = 0,79.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode, Team Assisted Individualization (TAI), Inkuiri, kemampuan awal siswa dan prestasi-belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 16 Nov 2009 07:40 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 03:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4637 |
Actions (login required)
View Item |