USAHA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI AKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG DI SMP KELAS VIII (PTK Semester Genap Kelas VIII SMP Negeri 1 Wonosari)

NURLIANA, ANITA (2009) USAHA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI AKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG DI SMP KELAS VIII (PTK Semester Genap Kelas VIII SMP Negeri 1 Wonosari). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410040199.pdf

Download (78kB)
[img] PDF
A410040199.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar matematika melalui aktivitas pembelajaran dengan Realistic Mathematic Education (RME) pada pokok bahasan bangun ruang kelas VIII. Subyek penelitian adalah guru matematika yang bertindak sebagai subyek yang memberi tindakan. Kepala sekolah SMP N I Wonosari dan peneliti sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data, sedangkan siswa kelas VIII SMP N I Wonosari yang berjumlah 40 siswa, sebagai subyek penelitian yang menerima tindakan. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode test, observasi, catatan lapangan, metode dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adanya peningkatan keaktifan siswa dalam aktivitas pembelajaran melalui RME, keaktifan dalam mengerjakan soal di depan kelas pada siklus I ada 5 siswa (12,50%), pada siklus II ada 9 siswa (22,50%) dan pada siklus III ada 12 siswa (30,00%). Siswa yang aktif mengemukakan pendapat pada siklus I sebanyak 4 siswa (10,00%), pada siklus II sebanyak 6 siswa (15,00%) dan pada siklus III sebanyak 9 siswa (22,50%). Sedangkan untuk keaktifan siswa dalam bertanya mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 5 siswa (12,50%), pada siklus II menjadi 8 siswa (20,00%) dan pada siklus III sebanyak 13 siswa (32,50%). Dilihat dari peningkatan keaktifan siswa di dalam kelas yang meliputi keaktifan bertanya, keaktifan mengemukakan ide atau gagasan dan keaktifan mengerjakan soal di depan kelas maka motivasi dan pemahaman konsep bangun ruang juga mengalami peningkatan. Peningkatan keaktifan, motivasi dan pemahaman konsep pada diri siswa menimbulkan peningkatan hasil belajar siswa pada aktivitas pembelajaran dengan RME. Hal ini terlihat pada nilai rata-rata kelas pada siklus pertama 6,40 kemudian pada siklus kedua nilai rata-rata kelasnya 6,90 dan pada siklus ketiga nilai rata-rata kelas menjadi 7,65

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil_belajar, realistic, Bangun_ruang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 16 Nov 2009 07:29
Last Modified: 16 Nov 2010 03:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4635

Actions (login required)

View Item View Item