PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG MELALUI VISUALISASI ALAT PERAGA DI SD NEGERI SAWAHAN 03 NGEMPLAK BOYOLALI

KURNIAWAN, WISNU ARI (2009) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG MELALUI VISUALISASI ALAT PERAGA DI SD NEGERI SAWAHAN 03 NGEMPLAK BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410040161.pdf

Download (33kB)
[img] PDF
A410040161.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang melalui visualisasi alat peraga Di tunjukkan dengan: (1) Siswa mampu mendiskripsikan ulang tentang sebuah konsep bangun ruang, (2) siswa mampu membedakan antara contoh dan non contoh dari bangun ruang yang dipelajari, (3) kemampuan siswa dalam mengklasifikasikan unsur-unsur bangun ruang. Subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, test, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran berlangsung yaitu dalam tiga putaran. Hasil penelitian tindakan ini adalah (1) Terjadi peningkatan pemahaman konsep bangun ruang dalam: (a) Kemampuan mendiskripsikan ulang tentang sebuah konsep meningkat, sebelum adanya penelitian tindakan sebesar 3 (8,33%) meningkat menjadi 4 siswa (11,11%) pada putaran I, menjadi 12 siswa (33,33%) pada putaran II, dan 24 siswa (66,66%) pada putaran III, (b) Kemampuan membedakan antara contoh dan non contoh dari bangun ruang terjadi peningkatan yaitu sebelum adanya penelitian tindakan sebesar 5 siswa (13,88%) meningkat menjadi 9 siswa (25%) pada putaran I, menjadi 18 siswa (50%) pada putaran II, dan 26 siswa (72,22%) pada putaran III., (c) Kemampuan mengklasifikasikan unsur-unsur bangun ruang terjadi peningkatan yaitu sebelum adanya penelitian tindakan sebesar 4 siswa (11,11%) meningkat menjadi 10 siswa (27,77%) pada putaran I, menjadi 19 siswa (52,77%) pada putaran II, dan 29 siswa (80,55%) pada putaran III. (2) Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan: (a) Latihan mandiri 9 siswa (25%) pada putaran I menjadi 15 siswa (41,66%) pada putaran II dan 26 siswa (72,22%) pada putaran III, (b) Latihan terkontrol 15 siswa (41,66%) pada putaran I menjadi 20 siswa (55,55%) pada putaran II dan 27 siswa (75%) pada putaran III, (c) Tugas mandiri 17 siswa (47,22%) pada putaran I menjadi 22 siswa (61,11%) pada putaran II dan 31 siswa (86,11%) pada putaran III.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman, konsep, visualisasi alat peraga.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 16 Nov 2009 07:13
Last Modified: 16 Nov 2010 03:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4630

Actions (login required)

View Item View Item