Muryanti, Febriana Astri (2008) PENGARUH BRAND PERCEIVED QUALITY DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA PONSEL NOKIA MAHASISWA FKIP AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A210050022.pdf Download (126kB) |
|
PDF
A210050022.pdf Restricted to Repository staff only Download (661kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh brand perceived quality terhadap kepuasan pelanggan pengguna ponsel Nokia Mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007, 2) pengaruh promosi penjualan terhadap kepuasan pelanggan pengguna ponsel Nokia Mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007 dan 3) pengaruh brand perceived quality dan promosi penjualan terhadap kepuasan pelanggan pengguna ponsel Nokia mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian ini adalah Mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007 yang keseluruhannya berjumlah 198 mahasiswa dan sampel penelitian ini adalah 50 mahasiswa. Tehnik sampling yang digunakan adalah teknik insidental sampling. Metode pokok yang digunakan adalah angket. Pengujian hipotesis ini menggunakan regresi berganda, Uji t, dan F. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 14,365 + 0,307X1 + 0,387X2 yang artinya kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh brand perceived quality dan promosi penjualan. Kesimpulan: (1) brand perceived quality berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Terbukti dari hasil uji t, thitung X2 = 2,222 > ttabel (2,013). (3) Brand perceived quality dan promosi penjualan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Terbukti dari hasil uji F, Fhitung sebesar 16,136 > Ftabel (1,66). Semua dengan taraf signifikansi 5%. (4) Koefisien determinasi memperoleh nilai R2 sebesar 0,409, berarti 40,9% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel brand perceived quality dan promosi penjualan. Sisanya sebesar 59,1% dijelaskan oleh variabel lain, misalnya harga, model dan kebutuhan. (5) Perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif menunjukkan bahwa kontribusi brand perceived quality terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 18,3% sedangkan promosi penjualan memberikan kontribusi sebesar 22,4%, sehingga total sumbangan brand perceived quality dan promosi penjualan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan adalah sebesar 40,7%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | brand perceived quality, promosi penjualan, kepuasan pelanggan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Nov 2009 08:39 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 03:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4625 |
Actions (login required)
View Item |