Ekawati, Andria (2008) PENGGUNAAN MEDIA TAYANG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERHATIAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X(6) SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A220050033.pdf Download (158kB) |
|
PDF
A220050033.pdf Restricted to Repository staff only Download (735kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media tayang sebagai upaya meningkatkan perhatian siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan hingga batas minimal 75%. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yaitu kegiatan yang dilakukan di dalam kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X (6) SMA Negeri 7 Surakarta yang berjumlah 39 siswa. Subjek pelaksanaan tindakan adalah guru PKn kelas X (6) SMA Negeri 7 Surakarta bekerjasama dengan peneliti dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara diskriptif kualitatif dengan prosentase dan model alur. Hasil penelitian ini adalah ada peningkatan perhatian siswa terhadap mata pelajaran PKn siswa dari 43,58% sampai 76,31%. Dari data hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui penggunaan media tayang dapat meningkatkan perhatian siswa terhadap mata pelajaran PKn.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perhatian siswa dan penggunaan media tayang. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Nov 2009 07:21 |
Last Modified: | 24 Oct 2011 05:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4571 |
Actions (login required)
View Item |