MATERI PEMBELAJARAN ILMU TAUHID DI SMP MUHAMMADIYAH 14 SAMBI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Prasetya, Adi (2008) MATERI PEMBELAJARAN ILMU TAUHID DI SMP MUHAMMADIYAH 14 SAMBI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000050058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)

Abstract

Pada dasarnya manusia hidup di bumi hanyalah untuk beribadah kepada Allah. Ibadah tersebut memerlukan sebuah aturan supaya dapat membimbing manusia untuk beribadah dengan benar. Ibadah seperti yang dijelaskan dalam dalam surat Adz Dzariyat ayat 56 artinya tauhid. Ilmu tauhid sangatlah perlu diajarkan kepada masyarakat. Akan tetapi institusi-institusi pendidikan telah merancang kurikulum aqidah yang pembahasannya sangat luas dalam hal ini. Dikdasmen Muhammadiyah mempunyai mata pelajaran aqidah, dimana pembahasan materi pembelajarannya mencakup rukun Iman. Begitu juga dengan Depdiknas mempunyai materi pembelajaran aqidah yang pembahasannya juga tentang rukun Iman, hanya saja mata pelajarannya adalah pendidikan agama Islam. Berbeda dengan mata pelajaran dan materi pembelajaran yang ada di SMP Muhammadiyah 14 yang menyangkut dengan mata pelajaran tersebut. Di SMP tersebut mata pelajarannya adalah ilmu tauhid dan materi pembelajarannya hanya membahas tentang tauhid atau iman kepada Allah (bagian dari rukun Iman). Padahal seharusnya SMP Muhammadiyah merujuk ke Dikdasmen Muhammadiyah karena dia institusi Muhammadiyah atau merujuk ke Depdiknas karena SMP. Dari sebagian alasan di atas, peneliti ingin mengetahui bagaimana materi pembelajaran ilmu tauhid di SMP Muhammadiyah 14 Sambi jika dilihat dari materi pembelajaran aqidah Dikdasmen Muhammadiyah dan Depdiknas?. Dan pada kali ini penulis meneliti materi pembelajaran ilmu tauhid yang diterapkan di SMP Muhammadiyah 14 Sambi Boyolali pada tahun pelajaran 2006/2007. penulis mengadakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui materi pembelajaran ilmu Tauhid yang diterapkan di SMP Muhammadiyah 14 Sambi Boyolali tahun pelajaran 2006/2007. Manfaat dari penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan masukan dan sumbangan pemikiran sebagai bahan pertimbangan tentang materi pembelajaran ilmu Tauhid di SMP Muhammadiyah 14 Sambi Boyolali. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan, dan dilihat dari pendekatannya jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi. Dan dalam hal ini penulis menggunakan analisis data komparatif kualitatif. Dari penelitian lapangan yang dilakukan, analisa data yang telah dikumpulkan, ternyata dapat diambil kesimpulan bahwa materi pembelajaran ilmu tauhid sudah tersusun dan terarah dengan secukupnya. Pembahasannya dapat terfokus pada rukun iman, penjabarannya sangat terperinci, dan memakai referensi berbahasa Arab. Tetapi ada sedikit permasalahan yang perlu dikoreksi oleh guru ilmu tauhid, yaitu materi pembelajaran dari Dikdasmen Muhammadiyah tetap menjadi rujukan dalam pembuatan soal-soal sekolah, dan siswa dalam belajar ilmu tauhid tidak selalu dapat memahami bahasa Arab dengan lancar. Oleh karena itu guru harus tetap sedikit banyak mengacu ke Dikdasmen Muhammadiyah atau Depdiknas, dan tetap memakai referensi yang menggunakan pengantar bahasa Indonesia supaya dapat memudahkan bagi siswanya untuk belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pelajaran aqidah, rukun Iman.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2008 02:35
Last Modified: 24 Feb 2011 08:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/456

Actions (login required)

View Item View Item