UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta)

WAHYUNINGSIH, ENIK (2009) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050016.pdf

Download (61kB)
[img] PDF
A410050016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan bertanya siswa, peningkatan kemampuan pemecahan masalah soal matematika, dan peningkatan hasil belajar siswa melalui metode Numered Head Together. Subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIIB SMP Muhammadiyah 10 Surakarta, objek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 10 Surakarta sejumlah 25 siswa dan peneliti sebagai subjek yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Analisis data secara diskriptif dengan prosentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Peningkatan aktivitas bertanya siswa pada putaran I sebesar 16%, pada putaran II sebesar 24%, dan pada putaran III sebesar 28% 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah soal matematika yang meliputi memahami soal pada putaran I sebesar 32%, putaran II sebesar 40%, dan putaran III sebesar 76%.memilih pendekatan atau strategi pemecahan pada putaran I sebesar 72%, pada putaran II sebesar 80%, dan pada putaran III sebesar 92%, menyelesaikan model pada putaran I sebesar 72%, pada putaran II sebesar 80%, dan pada putaran III 92%, dan menafsirkan solusi pada putaran I sebesar 12%, putaran II sebesar 40%, dan pada putaran III sebesar 52%. dan 3) peningkatan hasil belajar pada putaran I sebesar 80%, putaran II 96%, dan pada putaran III 100%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah metode Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas bertanya siswa, meningkatkan kemampuan pemecahan masalah soal matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan adanya peningkatan ketiga aspek tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika juga mengalami peningkatan yang signifikan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Matematika, Numbered Head Together.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 06 Nov 2009 08:20
Last Modified: 16 Nov 2010 04:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4536

Actions (login required)

View Item View Item