PRASWATI, RATIH DWI (2009) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Bojong Pekalongan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
![]()
|
PDF
A410040077.pdf Download (41kB) |
|
![]() |
PDF
A410040077.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII dan untuk mengetahui peningkatan perilaku belajar siswa dalam menyelesaikan soal matematika dalam pokok bahasan artimatika sosial. Subyek pemberi tindakan penelitian ini adalah peneliti dan guru matematika, penerima tindakan adalah 41 siswa kelas VII H. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, review, dokumentasi dan tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar yang ditinjau secara kognitif yaitu dilihat dari kemampuan siswa, dari 31 siswa (77,50%) pada putaran I, kemudian 33 siswa (80,48%) pada putaran II, dan menjadi 37 siswa (90,24%) pada akhir tindakan. Tindakan ini juga menunjukkan adanya peningkatan perilaku belajar siswa ditinjau secara afektif yaitu keaktifan dan kreatifitas pada saat mengerjakan soal dan mempresentasikannya sebanyak 5 Siswa (12,50%) pada putaran I, menjadi 8 Siswa (19,51%) pada putaran II, dan 12 Siswa (29,26%) pada akhir tindakan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem-based learning, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 04 Nov 2009 08:52 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 04:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |