UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (PTK Terhadap Siswa Kelas VII MTs Negeri Penawangan)

MASROKHAN, MASROKHAN (2009) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (PTK Terhadap Siswa Kelas VII MTs Negeri Penawangan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410030132.pdf

Download (103kB)
[img] PDF
A410030132.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan problem solving, motivasi belajar siswa meliputi kesiapan siswa mengikuti pelajaran, antusias siswa mangikuti pelajaran, kerjasama kelompok dan aktivitas belajar siswa meliputi menyelesaikan soal latihan, mengemukakan ide, mempresentasikan jawaban. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII MTs Negeri Penawangan yang berjumlah 40 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah guru matematika kelas VII. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan model alur yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu proses siklus. Hasil penelitian tindakan kelas menyimpulkan terdapat: 1) Peningkatan motivasi belajar siswa yang meliputi; a) Kesiapan siswa mengikuti pelajaran matematika yang sebelum tindakan 20%, putaran I meningkat menjadi 30%, putaran II meningkat menjadi 42,5%, putaran III meningkat menjadi 57,5%. b) Antusias belajar siswa yang sebelum tindakan 12,5%, putaran I meningkat menjadi 20%, putaran II meningkat menjadi 32,5%, putaran III meningkat menjadi 50% dan c) Kerjasama kelompok yang sebelum tindakan 17,5%, putaran I meningkat menjadi 25%, putaran II meningkat menjadi 40%, putaran III meningkat menjadi 60%. 2) Peningkatan aktivitas belajar siswa yang meliputi; a) Menyelesaikan soal latihan yang sebelum tindakan 20%, putaran I meningkat menjadi 27,5%, putaran II meningkat menjadi 40%, putaran III meningkat menjadi 55%. b) Mengemukakan ide yang sebelum tindakan 12,5%, putaran I meningkat menjadi 20%, putaran II meningkat menjadi 35%, putaran III meningkat menjadi 52,5%. c) Mempresentasikan jawaban yang sebelum tindakan 17,5%, putaran I meningkat menjadi 25%, putaran II meningkat menjadi 35%, putaran III meningkat menjadi 50%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pendekatan problem solving dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, aktivitas, problem solving.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 04 Nov 2009 08:05
Last Modified: 16 Nov 2010 04:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4517

Actions (login required)

View Item View Item