WIDYANINGSIH, EMI (2009) KESALAHAN EJAAN DAN KETIDAKBAKUAN KATA PADA KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SUKOHARJO Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A310050161.pdf Download (61kB) |
|
PDF
A310050161.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
Abstract
Kemampuan siswa dalam menulis karangan, berdasarkan beberapa hasil penelitian masih rendah. Hal itu antara lain disebabkan masih lemahnya kemampuan berbahasa mereka. Sehubungan dengan hal itu, maka upaya peningkatan kemampuan berbahasa siswa perlu dilakukan. Untuk itu, yang pertama harus dipahami adalah apa yang menjadi kebutuhan mereka. Berkaitan dengan kebutuhan ini akan dapat diketahui materi yang diperlukan serta ditentukan strategi yang tepat sehingga upaya peningkatan tersebut dapat efektif. Penelitian ini dimaksudkan untuk: (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan ejaan pada karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo, (2) mendeskripsikan bentuk-bentuk ketidakbakuan kata pada karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo, dan (3) mengetahui faktor penyebab terjadinya kesalahan-kesalahan ejaan dan ketidakbakuan kata pada karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah karangan argumentasi siswa kelas X.2 SMA Negeri 2 Sukoharjo. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Jenis data penelitian ini meliputi (1) data primer, yakni data yang diperoleh dari karangan argumentasi siswa dan (2) data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari guru pengampu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Untuk memperoleh kesahihan data, peneliti ini menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis. Berdasarkan analisis data dikemukakan simpulan berikut ini. (1) Kesalahan pemakaian bahasa Indonesia dalam karangan siswa kelas X.2 SMA Negeri 2 Sukoharjo mencakupi bidang ejaan (penulisan huruf kapital, penulisan kata turunan, penulisan kata ulang, penulisan gabungan kata, penulisan kata ganti, penulisan kata depan, penulisan partikel, dan penulisan akronim atau singkatan). Selain itu, kesalahan juga terjadi pada penggunaan kata baku yang tidak tepat. (2) Kesalahan yang dibuat siswa sebagian besar terletak pada kesalahan penggunaan huruf kapital, penggunaan tanda titik, penggunaan tanda koma, penulisan kata depan, penulisan singkatan/akronim, dan penggunaan kata tidak baku. (3) Sebagian besar kesalahan tergolong ke dalam kesalahan intrabahasa, terutama disebabkan oleh ketidaktahuan siswa akan pembatasan kaidah dan penerapan kaidah yang tidak sempurna.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kata ejaan dan ketidakbakuan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 03 Nov 2009 08:18 |
Last Modified: | 24 Oct 2011 04:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4485 |
Actions (login required)
View Item |