PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS III SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA

RAHMAWATI, ENDANG (2009) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS III SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050146.pdf

Download (54kB)
[img] PDF
A310050146.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran keterampilan menulis narasi yang dibuat oleh guru SDIT Nur Hidayah Surakarta, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis narasi di SDIT Nur Hidayah Surakarta, dan untuk mengevaluasi kemampuan siswa kelas III SDIT Nur Hidayah Surakarta menulis narasi berdasarkan urutan gambar berseri. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis narasi siswa kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta dengan media gambar berseri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus tunggal (kualitatif) yang mengambil lokasi di SDIT Nur Hidayah Surakarta. Data dalam penelitian adalah hasil tulisan siswa yang berupa karangan narasi. Adapun sumber data berwujud peristiwa, dokumen, dan wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, analisis dokumen, dan wawancara mendalam (Indept interview). Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif. Berdasarkan data penelitian dapat disimpulkan: (1) Setiap akan mengajar guru selalu menyiapkan apersepsi, tugas-tugas yang akan diberikan, materi, RPP dan silabus yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, (2) Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis di SDIT Nur Hidayah Surakarta meliputi; materi, metode, media, dan evaluasi. Materi yang diajarkan adalah menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan; metode yang digunakan oleh guru adalah metode ceramah, tanya jawab, dan brainstorming; media yang digunakan adalah potongan gambar berseri yang diacak; dan evaluasi yang dilakukan oleh guru adalah dengan penilaian portofolio, dan (3) Kemampuan siswa kelas III SDIT Nur Hidayah Surakarta menulis narasi berdasarkan urutan gambar berseri cukup, karena sebagian besar siswa dapat mengurutkan gambar berseri yang diacak secara tepat dan dapat menuangkannya menjadi sebuah karangan yang baik. Dalam hal ini terdapat dua pola urutan gambar yaitu pola urutan 4-1-3 dan pola urutan 4-1-3-2. Adapun hubungan bentuk/kohesi yang berada di dalam karangan siswa terdapat berbagai macam bentuk kohesi, yaitu kohesi gramatikal (penunjukkan (reference), penggantian (subtitution), pelesapan (elypsis), dan perangkaian (conjunction)), dan kohesi leksikal berupa sinonim (synonim).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis dan media gambar berseri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 03 Nov 2009 07:57
Last Modified: 24 Oct 2011 04:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4479

Actions (login required)

View Item View Item