MAHARANI, VITA (2009) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI JATI I MASARAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A310050116.pdf Download (46kB) |
|
PDF
A310050116.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menulis siswa kelas I SD Negeri Jati I Masaran Kabupaten Sragen; (2) meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas I SD Negeri Jati I Masaran Sragen dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara, (2) observasi, (3) tes, (4) kajian dokumen. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi sumber, trianggulasi metode, dan review informan. Penerapan pendekatan kontekstual dilaksanakan dalam tiga siklus. Pada siklus pertama dapat diambil kesimpulan, yaitu langkah mengajar guru lebih sistematik sesuai dengan rencana pembelajaran yang disusun, guru tidak lagi berorientasi pada hasil tetapi lebih pada proses anak belajar untuk menguasai kemampuan, kegiatan pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru, dan peran siswa mulai diaktifkan. Pada siklus kedua dapat diambil kesimpulan, yaitu langkah pembelajaran semakin sistematik, siswa dapat dipilih sebagai model bagi siswa lain. Pada siklus ketiga dapat diambil kesimpulan, yaitu hasil tulisan siswa terlihat lebih rapi dan dapat dibaca orang lain dan penerapan pendekatan kontekstual memberikan dampak positif terhadap kinerja dan prestasi siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Menulis permulaan, pendekatan kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 03 Nov 2009 07:21 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 04:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4463 |
Actions (login required)
View Item |