SUGIYANI, SUGIYANI (2009) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MPBI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 MOJOSONGO BOYOLALI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TERPADU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A310050108.pdf Download (48kB) |
|
PDF
A310050108.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
Abstract
Rendahnya prestasi belajar di SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali disebabkan ketidak tepatan PBM. PBM yang dilaksanakan dengan menggunakan model ceramah sehingga membuat siswa ramai dan bosan. Peneliti memberikan alternative baru dalam melaksanakan PBM yaitu dengan metode terpadu belajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi : 1) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pada SMP Negeri 2 Mojosongo Kab. Boyolali dengan menggunakan metode terpadu belajar. 2) Untuk mengetahui keaktifan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode terpadu belajar di SMP Negeri 2 Mojosonggo Boyolali. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Mojosonggo Boyolali. Bentuk dan strategi menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yaitu guru bidang studi Bahasa Indonesia kelas VII dan peserta didik kelas VII C yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan metode observasi dan tes. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisisi data perkembengan peserta didik dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan adanya antusias peserta didik dalam proses PBM yang dilaksanakan dengan metode terpadu belajar. Antusias peserta didik terlihat adanya peningkatan pada aktifitas, keaktifan dan peningkatan prestasi belajar peserta didik. Keaktifan peserta didik meliputi keaktifan bertanya, mengerjakan latihan dan maju ke depan kelas mengalami peningkatan seiring dengan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik sebelum tindakan didapat nilai rata-rata peserta didik 5,33 dan nilai rata-rata siklus I meningkat menjadi 6,05, nilai rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,27 dan siklus III meningkat menjadi 8,13. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode terpadu belajar bisa menumbuhkan partisipasi peserta didik dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Metode terpadu belajar membuat peserta didik lebih tertarik belajar Bahasa Indonesia. Metode terpadu belajar membuat siswa belajar mengalami sendiri apa yang sedang dipelajari. Keaktifan peserta didik terlihat pada saat PBM berlangsung.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Terpadu Belajar, Peningkatan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 03 Nov 2009 07:13 |
Last Modified: | 13 Jun 2012 06:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4460 |
Actions (login required)
View Item |