PENGARUH SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NOGOSARI TAHUN AJARAN 2008/2009

NOVIKASARI , NOVIKASARI (2008) PENGARUH SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NOGOSARI TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050020.pdf

Download (37kB)
[img] PDF
A210050020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Novikasari. A 210 050 020. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh sumber belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; (3) pengaruh sumber belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengujian hipotesis melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Nogosari tahun ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 160 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 40 orang siswa yang diambil dengan teknik random sampling. ata yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji F, uji t, uji R2, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 24,357 + 0,807.X1 + 0,777.X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh sumber belajar dan kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) Sumber belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 4,915 > ttabel (2,021) dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi sumber belajar terhadap prestasi belajar ekonomi adalah sebesar 39,8%. (2) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 3,852 > ttabel (2,021) dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi adalah sebesar 28,9%. (3) Sumber belajar dan kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 40,571 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,23 pada taraf signifikansi 5%. Secara keseluruhan variabel pengaruh sumber belajar dan kemandirian belajar memberikan kontribusi sebesar 68,7% terhadap prestasi belajar ekonomi, sedangkan 31,3% sisanya dipengaruhi oleh sarana dan prasarana belajar, metode mengajar, lingkungan belajar, dan sebagainya

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sumber belajar, kemandirian belajar, prestasi belajar ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 18 Nov 2009 02:33
Last Modified: 16 Nov 2010 05:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4411

Actions (login required)

View Item View Item