PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I GABUS KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2008/2009

INDRAWATI , PUNGKY (2008) PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I GABUS KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050017.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
A210050017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Pungky Indrawati . A 210 050 017. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh p endekatan open ended terhadap prestasi belajar ekonomi siswa ; 2) pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 3) pengaruh pendekatan open ended dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Gabus tahun pelajaran 2008/2009 yang ber jumlah sebanyak 336 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 84 orang siswa (2 kelas) yang diambil dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda (Y= a+b1X1+b2X2), uji F, uji t, koefisien determinasi (R2 ,) serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Pendekatan open ended berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gabus tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (2,248 > 2,000) diterima pada taraf signifikansi 5%. Pendekatan Open Ended memberikan kontribusi sebesar 11,7% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 2) Keaktifan belajar siswa berpengaruh p ositif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gabus tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi memperoleh nilai t hitung > t tabel (6,343 > 2,000) diterima pada taraf signifikansi 5%. Keaktifan belajar siswa memberikan kontribusi sebesar 42,4% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 3) Pendekatan Open Ended dan keaktifan belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gabus tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (47,699 > 3,15) diterima pada taraf signifikansi 5%. Pendekatan Open-Ended dan keaktifan belajar siswa memberikan kontribusi sebesar 54,1% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: open ended, keaktifan belajar , prestasi belajar ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 18 Nov 2009 02:06
Last Modified: 16 Nov 2010 05:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4400

Actions (login required)

View Item View Item