PERAN ORANG TUA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK (Studi Kasus Pada Siswa Kelas II SMU Muhammadiyah 3 Surakarta)

Nugroho, Rakhmad (2008) PERAN ORANG TUA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK (Studi Kasus Pada Siswa Kelas II SMU Muhammadiyah 3 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A220010064.pdf

Download (201kB)
[img] PDF
A220010064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui peran orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar anak pada siswa kelas II SMA Muhammadiyah Surakarta., (2) Mengetahui bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa kelas II SMA Muhammadiyah Surakarta., (3) Mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan belajar siswa kelas II SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Penelitian ini merupakan pnelitian kualitatif dengan variabel yang dipilih dalam penelitian ini adalah orangtua siswa sebagai variable bebas dan sebagai variable terikat adalah kesulitan belajar siswa kelas II SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Kotamadya Surakarta. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode interview, metode observasi dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk kesulitan belajar siswa berdasarkan hasil temuan penelitian diketahui bentuk kesulitan belajar yang dialami oleh siswa lebih cenderung kepada keterbatasan fasilitas belajar saja, pada beberapa mata pelajaran banyak siswa yang tidak memiliki buku penunjang yang dapat digunakan untuk membantu kelancaran proses belajar mengajar; 2) Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa adalah faktor internal dan faktor eksternal. Dimana faktor internal meliputi: minat dan motivasi, sedangkan eksternal adalah lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat; dan 3) Orangtua siswa tidak dapat menyerahkan pendidikan anak sepenuhnya kepada sekolah. Alasannya, Pertama, pendidikan anak dimulai dari pendidikan orangtua di rumah dan sebagian besar waktu anak dihabiskan di rumah; Kedua, orangtualah yang punya tanggung jawab utama terhadap masa depan putra-putrinya, sedangkan sekolah adalah lembaga yang bertugas membantu mewujudkannya. Peran aktif orangtua sangat diperlukan bagi keberhasilan putra-putrinya di sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan Orangtua , Kesulitan Belajar Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Oct 2009 08:42
Last Modified: 16 Apr 2011 04:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4359

Actions (login required)

View Item View Item