PENERAPAN PENDEKATAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII E SMP N 2 GATAK KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2008/2009

LESTARI, AGUSTIN (2009) PENERAPAN PENDEKATAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII E SMP N 2 GATAK KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420050130.pdf

Download (68kB)
[img] PDF
A420050130.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)

Abstract

Guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar dalam melakukan proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar biologi dengan pembelajaran menggunakan pendekatan pemanfaatan lingkungan alam pada konsep keanekaragaman makhluk hidup pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2008/2009. Data hasil belajar biologi siswa diambil dengan menggunakan tes, wawancara dan observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif yaiu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan kelas sebesar 4,5% dan setelah dilakukan tindakan kelas rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,36%, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,1%, dan siklus III meningkat menjadi 8,98%. Berdasarkan perhitungan regresi linear menunjukkan bahwa setelah penerapan pendekatan pemanfaatan lingkungan alam pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,48 poin atau 48%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan pemanfaatan lingkungan alam dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII E SMP negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun pelajaran 2008/2009 sebesar 0,48 poin atau 48%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pemanfaatan Lingkungan Alam, Hasil Belajar Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 21 Oct 2009 08:55
Last Modified: 02 May 2011 09:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4347

Actions (login required)

View Item View Item