HARTANTO, NUR (2009) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) POKOK BAHASAN PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTATAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A420050125.pdf Download (58kB) |
|
PDF
A420050125.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
Abstract
Pembelajaran sebagai perpaduan dua aktifitas belajar dan aktifitas mengajar. Aktifitas mengajar menyangkut peranan seseorang guru dalam mengupayakan terciptanya jalinan harmonis antara guru itu sendiri dengan siswa. Jalinan komunikasi yang harmonis inilah yang menjadi indicator suatu aktifitas pembelajaran itu berjalan dengan baik. Proses pengajaran akan disebut berjalan dan berhasil dengan baik manakala seorang mampu mengubah perilaku peserta didik serta mampu menumbuhkan kesadaran peserta didik untuk ikut terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga pada akhirnya pembelajaran tersebut dapat rasakan manfaatnya secara langsung bagi perkembangan pribadi peserta didik. Salah satu pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran adalah pembelajaran kontekstual (CTL). Strategi pembelajaran kontekstual dipandang tepat untuk pembelajaran tersebut karena pembelajaran kontekstual relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Pembelajaran kontekstual diharapkan dapat memotivasi siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran dan meningkatkan pemahaman siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar Biologi dengan pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) pokok bahasan pencemaran dan kerusakan lingkungan pada siswa kelas VIIF SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009. Metode penelitian yang digunakan termasuk penelitian deskriptif kualitatif, dimana data didapat dari data observasi, dokumentasi, wawancara, catatan lapangan, dan review. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL), diperoleh rata-rata nilai kognitif pada siklus I sebesar 62,84 rata-rata nilai afektif sebesar 22,68. Sedangkan rata-rata nilai kognitif pada siklus II sebesar 74,42 rata-rata nilai afektif sebesar 32,68, dan rata-rata nilai kognitif pada siklus III sebesar 81,92 rata-rata nilai afektif sebesar 41,7. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIF SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2008/2009.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Kognitif, Afektif, CTL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 21 Oct 2009 08:48 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 05:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4345 |
Actions (login required)
View Item |