MARYAWANTIKA, WAYAN DIDIK (2009) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PEMBELAJARAN MODEL SETS (Science Environment Tecnology and Society) PADA SISWA KELAS VIIa SMP N 1 WAYTUBA KABUPATEN WAYKANAN LAMPUNG TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.
|
PDF
A420050118.pdf Download (154kB) |
|
PDF
A420050118.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada topik pencemaran lingkungan menggunakan pembelajaran model SETS (Science Environment Tecnology and Society) pada siswa kelas VIIa SMP Negeri 1 Waytuba kabupaten Wykanan, Lampung tahun Ajaran 2008/2009. Penelitian ini diawali dengan pembelajaran yang mengkaitkan materi pelajaran dengan kejadian dalam masyarakat dan diakhiri dengan kesimpulan dan post-test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 66,45 atau meningkat sebesar 9.08 dari nilai awal (kognitif=57,37); ranah afektif = 30,45 (termasuk kategori cukup berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 70,52 atau meningkat sebesar 4,07 dari siklus I; ranah afektif = 40,53 (termasuk kategori berminat); ranah psikomotor = 11,34 (termasuk kategori berhasil)). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif = 75,13 atau meningkat sebesar 4,61 dari siklus II; ranah afektif = 41,8 (termasuk berminat)) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan SETS dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VIIa SMP Negeri 1 Waytuba Tahun Ajaran 2008/2009.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran dengan Model SETS,Pencemaran Lingkungan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 21 Oct 2009 08:16 |
Last Modified: | 25 Oct 2011 06:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4340 |
Actions (login required)
View Item |