PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMPN 24 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

JAYANTI, VERA (2009) PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMPN 24 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050111.pdf

Download (48kB)
[img] PDF
A420050111.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada topik ekosistem melalui pembelajaran Quantum Teaching pada siswa SMP Negeri 24 Surakarta kelas VIIA dan VIIB tahun Pembelajaran 2008/2009. Sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai, maka penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Analisis dilakukan dengan uji T. Hasil penelitian yang dianalisis dengan menggunakan SSPS, dari 40 sampel yang digunakan didapatkan thit = 7,817 sedangkan ttab = 2,05, maka dapat dikatakan bahwa ada perbedaan antara prestasi belajar biologi dengan menggunakan metode Quantum Teaching dengan metode konvensional dan berdasarkan hasil rata-rata juga diketahui bahwa rata-rata nilai prestasi belajar untuk metode Quantum Teaching sebesar 73,40 dan rata-rata nilai prestasi belajar untuk metode konvensional sebesar 60,55 hal ini berarti bahwa nilai rata-rata prestasi belajar dengan metode Quantum Teaching lebih baik bila dibandingkan dengan metode konvensional pada mata pelajaran biologi siswa kelas VII SMPN 24 Surakarta tahun pembelajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, PembelajaranQuantum Teaching dan ekosistem
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 21 Oct 2009 07:59
Last Modified: 16 Nov 2010 05:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4334

Actions (login required)

View Item View Item