PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT POKOK MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIE SMP NEGERI I KARANG RAYUNG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2008/20

Choiriyah, Nur (2009) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT POKOK MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIE SMP NEGERI I KARANG RAYUNG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2008/20. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050109.pdf

Download (52kB)
[img] PDF
A420050109.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi ditinjau dari aspek kognitif dan aspek afektif, materi pokok klasifikasi makhluk hidup melalui pembelajaran dengan penerapan strategi card sort pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Karang Rayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2008/2009. Data hasil belajar Biologi diambil dengan menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar ranah kognitif siswa sebesar 5,33 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,44 ; rata-rata afektif 22,27 (kurang berminat), ranah kognitif siklus II meningkat menjadi 7,63; rata-rata afektif 31,6 (cukup berminat), dan siklus III menjadi 8,33; rata-rata afektif 41,7 (berminat). Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah pembelajaran dengan penerapan strategi card sort pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,5247 point atau 52,47%. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi card sort dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Karang Rayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2008/2009 sebesar 0,5247 point atau 52,47%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi card sort, hasil belajar biologi siswa, klasifikasi makhluk hidup
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 21 Oct 2009 07:55
Last Modified: 22 Nov 2019 03:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4332

Actions (login required)

View Item View Item