RAHMAWATI, MEGA SETIA (2009) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN) PADA SISWA KELAS VIIIE SMP N 1 JATINOM KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.
|
PDF
A420050066.pdf Download (125kB) |
|
PDF
A420050066.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan strategi pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan) pada siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2008/2009 dengan lebih menekankan kerjasama dalam mencapai tujuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I ranah kognitif 60,3 atau meningkat sebesar 15,6 dari nilai awal 44,7; ranah afektif 26,38 (termasuk kriteria kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II ranah kognitif 63,97 atau meningkat sebesar 3,67 dari siklus I; ranah afektif 39,73 (termasuk kriteria cukup berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus III ranah kognitif 72,35 atau meningkat sebesar 8,38 dari siklus II; ranah afektif 43,41 (termasuk kriteria berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada materi pokok sistem pernapasan pada manusia siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Jatinom Tahun Ajaran 2008/2009.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran Index Card Match, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 20 Oct 2009 07:58 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 06:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4300 |
Actions (login required)
View Item |