UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW-II PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 2 SINE NGAWI TAHUN AJARAN 2008/2009

WAHYUNINGRUM, MARLIS (2009) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW-II PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 2 SINE NGAWI TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050065.pdf

Download (51kB)
[img] PDF
A420050065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak ada peningkatan hasil belajar Biologi siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Sine Ngawi tahun ajaran 2008/2009 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-II untuk pokok bahasan ekosistem. Metode pembelajaran dengan tipe Jigsaw-II dilakukan dalam dua siklus. Tindakan dilakukan dengan pembelajaran yang diawali pre-test dan diakhiri post-test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas VIIA pada siklus I (Aspek kognitif = 6,35 atau meningkat sebesar 2,0 dari rata-rata nilai awal; aspek afektif = 19,03 (termasuk kategori cukup berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II, aspek kognitif = 8,22 atau meningkat sebesar 1,87 dari rata-rata siklus I; Aspek afektif = 27,13 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 8,1 dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe Jigsaw-II dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Sine Ngawi tahun ajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-II.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 Oct 2009 07:54
Last Modified: 16 Nov 2010 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4299

Actions (login required)

View Item View Item