ROCHMAWANTI, MEI VITA (2009) PENERAPAN PENDEKATAN KREATIF BERBASIS PICTORIAL RIDDLE APPROACH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.
|
PDF
A420050039.pdf Download (799kB) |
|
PDF
A420050039.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman terhadap konsep pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2008/2009 dengan pembelajaran menggunakan Pendekatan Kreatif berbasis Pictorial Riddle Approach. Penelitian dengan penerapan Pendekatan Kreatif berbasis Pictorial Riddle Approach dilakukan dalam 3 siklus dan diakhiri dengan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas VIIIC pada siklus I (Aspek kognitif = 5,74 (termasuk kategori cukup paham) atau meningkat sebesar 1,86 dari rata-rata nilai awal; aspek afektif = 26,57 (termasuk kategori kurang berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (Aspek kognitif = 7,24 (termasuk kategori cukup paham) atau meningkat sebesar 1,5 dari rata-rata siklus I; Aspek afektif = 36,42 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 9,86 dari siklus I). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (Aspek kognitif = 8,49 (termasuk kategori paham) atau meningkat sebesar 1,16 dari rata-rata siklus II; Aspek afektif = 43,93 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 7,51 dari siklus II). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan Pendekatan Kreatif berbasis Pictorial Riddle Approach dapat meningkatkan pemahaman konsep pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2008/2009.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Kreatif berbasis Pictorial Riddle Approach, pemahaman siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 19 Oct 2009 08:19 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 06:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4275 |
Actions (login required)
View Item |