ARYANI, IMA (2009) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSONS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MASARAN TAHUN AJARAN 2008 / 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.
PDF
A420050038.pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) |
||
|
PDF
A420050038.pdf Download (128kB) |
Abstract
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan berbagai metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan pembelajaran menggunakan strategi peer lessons pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Masaran tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, tes, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III dengan mencari rata-rata hasil belajar dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari hasil pembahasan dapat dinyatakan bahwa rata-rata hasil belajar siklus III lebih tinggi dari siklus I dan siklus II, baik dilihat dari aspek kognitif (81,15>71,1>64,9) maupun afektif (21,65>18,65>17,075). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi peer lessons dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIII E SMP Negeri I Masaran tahun ajaran 2008/2009.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi peer lessons, hasil belajar biologi siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 19 Oct 2009 08:13 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 06:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4274 |
Actions (login required)
View Item |