UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN PENTINGNYA KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009

KUSTYANI, TINA RETES ENGGAR (2009) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN PENTINGNYA KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img] PDF
A420050029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
A420050029.pdf

Download (121kB)

Abstract

Siswa pasif dan tidak memperhatikan penjelasan dari guru saat pembelajaran, menyebabkan hasil belajar biologi siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode PBL dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2008/2009 sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pokok yaitu metode observasi dan metode tes, serta metode bantu yaitu catatan lapangan dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik kovariansi. Melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan guru biologi kepada siswa dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Hal ini berdasarkan refleksi dan evaluasi pada analisis data yang diperoleh, aspek afektif siswa sebelum tindakan 26.075 (kurang berhasil), Siklus I 33.275 (cukup berhasil), Siklus II 36.42 (cukup berhasil) dan Siklus III 41.7 (berhasil). Aspek kognitif, yaitu anava Fhit (7.82) lebih besar dari pada Ftabel (0.05) (2.80) artinya ada perbedaan yang bermakna dari hasil belajar siswa keseluruhan siklus. t-tes (dua arah) dengan membandingkan nilai ttabel (0.05) (2.021) dan ttabel (0.01) (2.704), antara sebelum tindakanl dengan Siklus I thitung (-10.44) lebih besar daripada ttabel, artinya adanya perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Antara Siklus I dengan Siklus II thitung (-4.93) lebih besar daripada ttabel, artinya adanya perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Antara Siklus II dengan Siklus III thitung (-182.8) lebih besar daripada ttabel, artinya adanya perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Korelasi, dengan membandingkan nilai rtabel (0.05) (0.320) dan rtabel (0.01) (0.413), antara sebelum tindakan dengan Siklus I rhitung (0.985) lebih besar dari pada rtabel, artinya adanya hubungan antara metode PBL dengan hasil belajar biologi masing-masing individu, bersifat kuat dan sangat bermakna. Antara Siklus I dengan Siklus II rhitung (0.969) lebih besar dari pada rtabel artinya adanya hubungan antara metode PBL dengan hasil belajar biologi masing-masing individu, bersifat kuat dan sangat bermakna.Antara Siklus II dengan Siklus III rhitung (0.933) artinya adanya hubungan antara metode PBL dengan hasil belajar biologi masing-masing individu, bersifat kuat dan sangat bermakna. Jadi proses pembelajaran pada pokok bahasan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup mengalami peningkatan hasil belajar biologi pada setiap siklus dengan menggunakan metode

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran model PBL, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Oct 2009 07:51
Last Modified: 02 May 2011 09:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4268

Actions (login required)

View Item View Item