MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 2 GONDANG SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009

MASTUTI , ENDAH NENI (2009) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 2 GONDANG SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420050018.pdf

Download (123kB)
[img] PDF
A420050018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada siswa kelas VIIID di SMP Negeri 2 Gondang Sragen Tahun Pelajaran 2008/ 2009. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan mengadakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di kelas VIIID sampai dengan tiga siklus dan diakhiri dengan postes pada setiap siklusnya. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian tindakan ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Pengukuran kemampuan siswa dilakukan sesuai ranah pembelajaran yaitu ranah kognitif (postes) dan ranah afektif (minat siswa) yang diperoleh dari nilai rata-rata siswa dalam tiap siklus. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (ranah kognitif = 6,3 atau meningkat sebesar 0,4 dari nilai awal; ranah afektif = 25,486 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II (ranah kognitif = 7,1 atau meningkat sebesar 0,7 dari siklus I; ranah afektif = 35,546 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 10,06 dari siklus I)). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif pada siklus III = 7,9 atau meningkat sebesar 0,8 dari siklus II; ranah afektif = 45,459 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 9,91 dari siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Gondang Sragen Tahun Pelajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, TPS (Think Pair Share), ranah kognitif, ranah afektif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 29 Aug 2009 01:44
Last Modified: 16 Nov 2010 07:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4204

Actions (login required)

View Item View Item