PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII A SMPN 1 KEMUSU BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2008/2009

SULISTYANTO , SULISTYANTO (2009) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII A SMPN 1 KEMUSU BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420050010.pdf

Download (46kB)
[img] PDF
A420050010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil belajar siswa pada topik ekosistem menggunakan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai LKS pada siswa kelas VIIA SMPN 1 Kemusu Boyolali Tahun Pelajaran 2008/2009. Penelitian tindakan kelas ini diawali dengan pembelajaran yang mengkaitkan materi pelajaran dengan kejadian dalam kehidipan sehari-hari atau melibatkan siswa dengan dunia nyata dengan cara siswa pengamatan langsung ke lapangan, mendiskusikan, mempresentasikan, tanya jawab dan diakhiri dengan kesimpulan dan post-test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I ranah kognitif = 68,12 atau meningkat sebesar 11,50 dari nilai awal. Rata-rata hasil belajar pada siklus II ranah kognitif = 75,75 atau meningkat sebesar 7,63 dari siklus I, ranah afektif yang meliputi aspek keterlibatan siswa pada siklus I sebesar 72,5% siswa dan keefektifan suasana kelas saat kegiatan belajar mengajar berlangsung sebesar 91,25%. Sedangkan pada siklus II aspek keterlibatan siswa sebesar 82,85% siswa dan keefektifan suasana kelas saat kegiatan belajar mengajar berlangsung sebesar 98,75%; Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan CTL dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VIIA SMPN 1 Kemusu Boyolali Tahun Pelajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses dan hasil belajar, Pembelajaran dengan pendekatan CTL, Ekosistem
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 27 Aug 2009 08:08
Last Modified: 16 Nov 2010 07:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4191

Actions (login required)

View Item View Item