PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN PTK MELALUI PERPADUAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN TURNAMEN PERMAINAN TIM PADA SISWA KELAS X SMA AL - ISLAM 2 SURAKARTA

MIRZA, M. (2009) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN PTK MELALUI PERPADUAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN TURNAMEN PERMAINAN TIM PADA SISWA KELAS X SMA AL - ISLAM 2 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420050008.pdf

Download (45kB)
[img] PDF
A420050008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di dalam kurikulum berbasis kompetensi (KBK) menuntut adanya kerjasama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, misalnya dengan perpaduan model pembelajaran PBL dan TGT. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Untuk mengetahui apakah penggunaan perpaduan metode PBL dan TGT dapat meningkatkan hasil belajar biologi. 2) Untuk mengetahui apakah penerapan perpaduan metode PBL dan TGT berkaitan dengan pokok bahasan pencemaran lingkungan dalam meningkatkan hasil belajar biologi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Al- Islam 2 Surakarta tahun ajaran 2008/2009 berjumlah satu kelas. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi hasil dengan lembar penilaian maupun catatan laporan dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III yang dilengkapi dengan regresi Linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatas aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 55,15 dan rata-rata siklus I meningkat menjadi 60,00, rata-rata siklus II meningkat menjadi 68,63, dan rata-rata siklus III menjadi 77,72. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,34 point atau 34 %, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perpaduan model pembelajaran PBL dan TGT meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Al- Islam 2 Surakarta tahun ajaran 2008/2009 sebesar 0,83 point atau 83 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif, perpaduan model pembelajaran PBL dan TGT, hasil belajar biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 27 Aug 2009 07:46
Last Modified: 25 Oct 2011 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4189

Actions (login required)

View Item View Item