PURNAMAWATI , SRI (2009) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE Teams Games Tournament (TGT) DAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS XI TEKNIK MESIN OTOMOTIF (TMO) I SMK NEGERI 1 TRUCUK TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A420050006.pdf Download (61kB) |
|
PDF
A420050006.pdf Restricted to Repository staff only Download (90MB) |
Abstract
Proses pembelajaran yang kurang kondusif di kelas XI TMO I SMK Negeri I Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2008/2009 perlu dilakukan pembelajaran yang lebih baik, oleh karena itu peneliti memilih metode Teams Games Tournament (TGT) dan media komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada siswa XI TMO I, karena kelas XI TMO I pada awal observasi diketahui siswa terlalu ramai, sebagian siswa tidak memiliki buku paket, siswa tidak memperhatikan pelajaran, siswa lebih menyukai pelajaran Otomotif daripada pelajaran Biologi dan guru selalu menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui dialog awal/wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data pembelajaran siswa dari siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6, 21 dan setelah diterapkan metode TGT dan media komik di kelas XI TMO 1 nilai kognitif pada siklus I meningkat sebesar 7, 17 dan nilai afektif sebesar 30,28. Siklus II nilai kognitif semakin meningkat sebesar 8,19 dan nilai afektif pada siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 35,19. Berdasarkan nilai kognitif dan afektif siswa kelas XI TMO 1 pada siklus I dan II menunjukkan bahwa setelah penerapan metode TGT dan media komik pada sub pokok bahasan ”Cara Penanganan Limbah” memberi pengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 6, 21. Berdasarkan hasil kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan metode TGT dan media komik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Biologi siswa kelas XI TMO I pada siklus I rata-rata nilai kognitif sebesar 7, 17 dan nilai afektif sebesar 30,28 dan siklus II rata-rata nilai kognitif siswa semakin meningkat sebesar 8,19 dan nilai afektif siswa sebesar 35,19.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode TGT, media komik, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 27 Aug 2009 07:39 |
Last Modified: | 02 May 2011 09:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4188 |
Actions (login required)
View Item |