SAPUTRO, Ekno (2016) Karakteristik Perpindahan Panas Dan Penurunan Tekanan Aliran Fluida Disekitar Pin-Fin Cooling Bentuk Ellips Susunan Staggered Pada Sudu Turbin Gas. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (312kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (888kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) |
|
PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (447kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
Abstract
Penelitian ini menginvestigasi tentang kinerja pin-fin cooling bentuk ellips susunan staggered pada sudu turbin gas kususnya daerah trailing edge. Tujuan penelitian ini adalah untuk memprediksi koefisien perpindahan panas (h) dan penurunan tekanan (ΔP) di sepanjang saluran pendingin. Pemodelan menggunakan persamaan steady RANS dengan model turbulensi k-epsilon, investigasi dilakukan dengan dua tahap : pertama, mengvalidasi bentuk pin-fin cooling silinder dengan susunan staggered yang telah dipelajari secara eksperimen oleh peneliti lainnya. Struktur mesh ada lima jenis yang diterapkan dalam validasi muali dari mesh kasar (Δy+ = 30,87) sampai halus atau terbaik (Δy+ = 1,23). Kedua, menginvestigasi lebih lanjut dari pin-fin cooling bentuk ellips susunan staggered dengan mengadopsi cara jalannya yang sama berdasarkan hasil optimal dari validasi. Dengan menjaga bentuk mesh yang sama dan kondisi batas dari percobaan, simulasi dilakukan pada berbagai bilangan Reynolds antara 9.000 dan 36.000. Hasil simulasi menunjukkan bahwa validasi dapat diterima dengan karakteristik mesh hingga 1,6 juta elemen dengan resolusi kerapatan mesh (Δy+ = 1,23). Pemprekdisian menggunakan Computational Fluid Dynamic (CFD) terhadap data percobaan yang tersedia. Hasil validasi prediksi koefisien perpindahan panas mendekati sampai baris kedua. Simulasi pin-fin cooling bentuk ellips staggered menunjukkan bahwa koefisien perpindahan panas mengalami peningkatan di sepanjang saluran pendingin merupakan efek dari aliran turbulensi di permukaan pin. Hal ini sangat dipengaruhi oleh bentuk saluran dan meningkatkan saluran pendingin. Sementara, penurunan tekanan di dalam saluran pendingin menurun secara bertahap terhadap bilangan Reynolds yang lebih tinggi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pin-Fin Cooling Ellips, Koefisien Perpindahan Panas, Trailing Edge, CFD. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | EKNO SAPUTRO |
Date Deposited: | 16 Feb 2016 01:37 |
Last Modified: | 16 Feb 2016 01:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/41421 |
Actions (login required)
View Item |