EFEKTIFITAS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 BLORA TAHUN 2015

mukhlis, mukhlis (2016) EFEKTIFITAS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 BLORA TAHUN 2015. Thesis thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Full Text)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (531kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)

Abstract

Kepala sekolah dalam implementasi manajemen sekolah, dituntut untuk mampu berperan sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator pendidikan.Kepala Sekolah merupakan motor penggerak, penentu arah kebijakan menuju sekolah dan pendidikan secara luas.Sebagai pengelola institusi satuan pendidikan, kepala sekolah dituntut untuk selalu meningkatkan efektifitas kinerjanya.Demikian juga peran seperti ini idealnya juga diimplementasikan di SMK Muhammadiyah 2 Blora.Oleh karena itu, penulis mengadakan penelitian tentang Efektifitas Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMK Muhammadiyah 2 Blora. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua, yakni: a. Bagaimana implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMK Muhammadiyah 2 Blora?; b. Bagaimana efektifitas peran kepala sekolah dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMK Muhammadiyah 2 Blora? Tujuan penelitian ini ialah melakukan analisis tentang Manajemen Berbasis Sekolah yang telah di implementasikan di SMK Muhammadiyah 2 Blora dan melakukan kajian tentang peran kepala sekolah dalam melakukan pengelolaan sekolah melalui Manajemen Berbasis Sekolah.Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen di SMK Muhammadiyah 2 Blora telah diimplementasikan dengan baik dengan bukti: a. Dalam aspek konteksmenunjukan hal positif yang diindikasikan dengan dukungan dan partisipasi masyarakat yang cukup baik terhadap proses pendidikan; b. Dalam aspek Input meliputi ketersediaan visi dan misi sekolah, tujuan sekolah, program sekolah, sumber daya sekolah, siswa/peserta didik serta ketersediaan dukungan dana yang dapat mendukung pelaksanaan proses pendidikan dengan menggunakan konsep MBS; c. Pada aspek proses, diantaranya menyangkut pengambilan keputusan yang dilakukan dengan musyawarah mufakat; d. Dalam aspek produkdari proses pendidikan berisikan prestasi akademik lulusan dan prestasi non akademik lulusan dinilai menunjukan adanya peningkatan sebagai hasil implementasi MBS dalam pengelolaan pendidikan disekolah. Efektivitas kepala sekolah juga menunjukkan hal yang positif dengan indikasi: a. Dalam aspek Input, kepala sekolah memiliki prinsip kerja kronstruktif, kreatif, delegatif, rasional dan objektif, fleksibel dan penuh keteladanan; b. Dalam aspek proses, kepala sekolah sudah memberikan pedoman dan teladan bagaimana melakukan tugas dan kewajiban dengan baik; c. Dalam aspek pengelolaan lembaga dan program kerja, kepala sekolah memberikan dorongan dan penghargaan yang di berikan oleh kepala sekolah kepada para pendidik dan tenaga kependidikan yang menunjukkan prestasi kinerja; d. Dalam aspek produk, kepala sekolah memiliki peran signifikan yang ditunjukkan adanya hasil yang baik dalam hal peningkatan prestasi siswa dalam bidang akademik dan non akademik. Kata kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, Efektifitas, Kepala Sekolah Headmaster In schooled management implementation, for can educator's personation, manager, administrator, supervisor, leader, inovator, and education motivator. Headmaster constitutes starting motor, policies tenor conditioner wend school and education widely. As managing as institution education, respondent headmaster for does ever increase its performance effectiveness. And so do role as it ideally also implemented at SMK Muhammadiyah 2 Blora. Therefore, writer arranges research about headmaster Role Effectiveness in Management Implementation gets School basis at SMK Muhammadiyah 2 Blora. Problem formula in observational it there is two, namely: a. How is Management implementation gets School basis at SMK Muhammadiyah 2 Blora?; b. How is headmaster role effectiveness in Management implementation gets School basis at SMK Muhammadiyah 2 Blora? To the effect this research it does analisis about Management gets School basis already at implementation at SMK Muhammadiyah 2 Blora and does studies about headmaster role in do school management via Management gets School basis. There is tech even data collecting utilizes to methodic observation, interview, and documentation. Result observationaling to point out that management at SMK Muhammadiyah 2 Blora have implemented with every consideration with prove: a. In context aspect shown is positive thing that betokened by support and society participation that passably to process education; b. In Input aspect cover vision accessibility and school mission, to the effect school, schooled program, schooled resource, student / participant is taught and availibility of fund support that can back up education process performing by use of concept MBS; c. On aspect processes, amongst those concern decision making that did by concencus deliberation; d. In product aspect of comprising education process graduated academic achievement and achievement non grad academic assessed by shown marks sense step-up as a result implementation MBS in education management at schooled. Headmaster effectiveness also point out positive thing with indication: a. In Input aspect, headmaster has constructive job principle, creative, delegatif, rasional and objectif, flexible and full good example; b. In aspect processes, headmaster has given guidance and a figure of speech how do task and liabilities with every consideration; c. In institute management aspect and works program, headmaster gives push and appreciation that at gives by headmaster to educators and energy to education that point out performance achievement; d. In product aspect, headmaster has significant's role that is pointed out marks sense good result in term student achievement step-up in academic area and non academic. Key word: Management gets School basis, Effectiveness, Headmaster

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah, Efektifitas, Kepala Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: MUKHLIS
Date Deposited: 12 Feb 2016 09:55
Last Modified: 12 Feb 2016 09:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/41359

Actions (login required)

View Item View Item