ANALISIS HARAPAN DAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN METODE IPA (IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS) DI PUSKESMAS KARTASURA II TAHUN 2009

HERTIANA , SISKA (2009) ANALISIS HARAPAN DAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN METODE IPA (IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS) DI PUSKESMAS KARTASURA II TAHUN 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J410070071.pdf

Download (34kB)
[img] PDF
J410070071.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)

Abstract

Pasien menilai mutu pelayanan kesehatan dengan cara membandingkan pelayanan kesehatan yang diterima dengan harapan, jika pelayanan yang diterima itu hampir atau sama dengan harapan maka pelayanan tersebut dianggap memuaskan dan jika harapan tidak sesuai maka dianggap mengecewakan pasien. Oleh karena itu perlu dilakukan analisa harapan dan kepuasan pasien di Puskesmas Kartasura II. Tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat kesesuaian antara harapan dan kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan, jenis penelitian Observasional dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pada 100 orang responden yaitu pasien poli umum rawat jalan di Puskesmas Kartasura II. Data primer dan data sekunder diolah dan dianalisa dengan menggunakan IPA (Importance Performance Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien terhadap aspek kesembuhan dan aspek kesinambungan pelayanan telah sesuai dengan harapan pasien. Kepuasan pasien terhadap aspek kebersihan puskesmas, mendapat informasi yang menyeluruh dan memberi kesempatan bertanya belum sesuai dengan harapan pasien.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harapan dan Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Aug 2009 07:38
Last Modified: 31 Oct 2011 05:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4018

Actions (login required)

View Item View Item