Pengaruh Sikap Mahasiswa Tentang Kompetensi Dosen Dalam Mengajar Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Manajemen Keuangan Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 Universitas Muhammadiyah Surakarta

Istikoma, Dina Nur and , Dr. Suyatmini, M.Si (2015) Pengaruh Sikap Mahasiswa Tentang Kompetensi Dosen Dalam Mengajar Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Manajemen Keuangan Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (435kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (587kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh sikap mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam mengajar terhadap prestasi belajar, 2) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar, 3) Pengaruh sikap mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam mengajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjumlah 90 mahasiswa dengan sampel 72 siswa yang diambil dengan teknik Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang diuji cobakan dengan uji validitas, reabilitas dan asumsi klasik. Teknik analisis data yang digunakan regresi linier berganda, uji t dan F. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y = 21,080 + 0,320 (X1) + 0,382 (X2). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini: 1) Ada pengaruh positif signifikan mengenai sikap mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam mengajar terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 13,318 > 1,994 nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000; 2) Ada pengaruh positif signifikan tentang kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 16,309 > 1,994 nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000; 3) Ada pengaruh positif signifikan mengenai sikap mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam mengajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 24,181 > 3,13 pada taraf signifikansi 5%. 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 diperoleh 0,875 yang berarti 87,5% prestasi belajar dipengaruhi oleh sikap mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam mengajar dan kemandirian belajar, sisanya sebesar 12,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap mahasiswa, Kedisiplinan belajar, Prestasi belajar mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username a210090170
Date Deposited: 28 Dec 2015 07:43
Last Modified: 12 Oct 2021 04:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/40094

Actions (login required)

View Item View Item