Lestari, Tri (2009) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN MINAT PASIEN UNTUK MENGGUNAKAN ULANG JASA PELAYANAN KESEHATAN DI BANGSAL RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
J410060056.pdf Download (51kB) |
|
PDF
J410060056.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
Abstract
Rumah sakit dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan dan minat pasien untuk menggunakan ulang jasa pelayanan kesehatan dengan meningkatkan kualitas pelayanan agar minat pasien meningkat. Rumah sakit perlu secara cermat menentukan kebutuhan pasien sebagai upaya untuk memenuhi harapan pasien dan meningkatkan kualitas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara dimensi kualitas (reliability, responsiveness, tangible, assurance, empathy, dan access) dengan minat pasien untuk menggunakan ulang jasa pelayanan rawat inap. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dipilih dengan tehnik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dengan analisis regresi linear. Hasil analisis regresi linear diketahui terdapat hubungan antara kualitas dengan minat pasien untuk menggunakan kembali pelayanan rawat inap. Setiap 1 (satu) skor kualitas pelayanan berpengaruh pada peningkatan minat pasien tersebut sebesar 0.04 skor (b=0.04, p=0.000). Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara kualitas pelayanan dan minat pasien untuk menggunakan ulang jasa pelayanan kesehatan rawat inap. Disarankan kepada pengelola rumah sakit untuk tetap menjaga kualitas pelayanan yang sudah baik dan minat pasien.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan, minat pasien. |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 10 Aug 2009 02:11 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 05:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4009 |
Actions (login required)
View Item |