PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG NAPZA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA KELAS III SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA

SUKINI, SUKINI (2009) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG NAPZA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA KELAS III SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J210070123.pdf

Download (57kB)
[img] PDF
J210070123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Hawari (1991), berpendapat bahwa kenakalan remaja yang saat ini sedang heboh adalah kenakalan remaja yang berupa penggunaan narkotika, alkohol dan zat adiktif lainnya, yang dalam istilah kriminologi disebut NAPZA. laporan Narkoba Dunia (World Drug Report) yang dikutip oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), jumlah penyalahguna narkoba di dunia sebesar 200 juta orang. Pendidikan kesehatan merupakan salah satu metode untuk mencegah penyalahgunaan NAPZA yang mempunyai peranan yang penting dalam memberikan pengetahuan dan sikap kepada siswa tentang NAPZA. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendidikan kesehatan tentang NAPZA terhadap pengetahuan dan sikap siswa kelas III SMK Muhammadiyah Kartasura. Metoda : Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen (Quasi eksperimental) dengan rancangan pre test – post test with control design dan pengambilan sampel mengunakan simpel random sampling untuk memperoleh 40 responden (20 siswa sebagai kelompok kontrol dan 20 siswa sebagai kelompok eksperimen atau perlakuan). Analisis statistik menggunakan uji T. Kesimpulan : Uji t–test terhadap hasil survai dengan mengunakan kuesioner menunjukan bahwa ada perbedaan pengetahuan dan sikap siswa kelas III SMK terhadap masalah NAPZA dimana pengetahuan pada kelompok kontrol mengalami sedikit penurunan pencapaian nilai yaitu mean 12,95 pada saat pre test dan mean 12,00 pada saat post test. Sementara kelompok eksperimen mengalami peningkatan pengetahuan dengan pencapaian nilai post test dari rata-rata nilai 12,30 pada saat pre test dan 19,75 pada saat post test. Dan nilai sikap pada leompok kontrol 42,80 pada saat pre-tes dan 42.00 pada saat post-tes sementara kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang sangat drastis yaitu 42,80 pada saat pre-tes dan 66,60 pada saat post-tes. Hasil uji independen T-tes dengan nilai signifikansi 0,000 sehingga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan kesehatan tentang NAPZA terhadap pengetahuan dan sikap pada siswa kelas III SMK Muhammadiyah Kartasura.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, NAPZA, Pengetahuan dan Sikap
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 07 Aug 2009 03:53
Last Modified: 31 Oct 2011 04:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3992

Actions (login required)

View Item View Item