Hidayat, Purwadi Syamsul and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Drs. Saifuddin Zuhri, M.Ag (2015) Implemantasi Metode Bercerita Dalam Pemblajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di SMP Muhammadiyah Kebasen Kelas 8 Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2014 / 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (471kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
4. BAB I.pdf Download (154kB) |
|
PDF (Bab II)
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
|
PDF (Bab III)
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
PDF (Bab IV)
4. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
PDF (Bab V)
4. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
PDF (Bab VI)
4. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
|
PDF (Daftar pustaka)
5. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
PDF (Lampiran)
6. LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan)
1. SURAT PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
Abstract
Salah satu problematika dalam pelaksanaan pendidikan yaitu pada aspek metodologi dan media-media pembelajaran. Kurangnya media serta variasi metode pembelajaran menyebabkan Guru masih bersifat normatif, teoritis dan kognitif yang mana kurang mampu mengaitkan serta berinteraksi dengan siswa, sehingga masalah di atas guru ketika mengajar di kelas menjadi monoton dalam penggunaan metode, maka guru perlu mempelajari dan mengkombinasikan dengan metode lain. Di antaranya Metode Bercerita dalam kegiatan pembelajaran. Metode Bercerita adalah suatu metode yang mempunyai daya tarik yang menyentuh perasaan anak. Islam menyadari sifat alamiah manusia untuk menyenangi cerita yang pengaruhnya besar terhadap perasaan. Permasalahan yang dapat diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana tahap-tahap penerapan Metode Bercerita dalam pembelajaran Sejarah Kebudayan Islam di SMP Muhammadiyah Kebasen pada siswa kelas 8 dan kendala-kendala yang mungkin dapat menghambat penerapan Metode Bercerita dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan tahap-tahap implementasi Metode Bercerita dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMP Muhammadiyah Kebasen pada siswa kelas 8 dan Mengidentifikasi kendalakendala yang mungkin dapat menghambat penerapan Metode Bercerita. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Dilihat dari pendekatan penelitian, maka penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara (interview). Data yang di dapat dari lapangan, kemudian akan dianalisis secara Deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam atau Tarikh di SMP Muhammadiyah Kebasen kelas 8 dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu : (1) Membuka pembelajaran, Cara guru membuka proses pembelajaran, diantaranya guru melakukan pre test materi-materi yang sebelumnya. Selanjutnya guru memfokuskan siswa kepada materi pembelajaran. (2) Menyampaikan materi, Pada proses penyampaian materi guru tidak hanya menggunakan metode Bercerita dalam proses pembelajaran. Selain metode Bercerita dalam proses penyampain materi, metode yang digunakan guru adalah metode diskusi kelompok. (3) Menutup pembelajaran, pertama, guru memberikan apresiasi kepada siswa yang aktif dalam pembelajaran. Kedua, untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa guru melakukan post test. Ketiga, guru memberikan pesan-pesan moral yang terdapat pada materi. Faktor pendukung penerapan metode Bercerita yaitu pertama, ketersediaan buku-buku penunjang. Kedua, metode ini relatif gampang diterapkan. Ketiga, metode ini mempunyai daya tarik terhadap siswa. Adapun faktor penghambat penerapan metode Bercerita yaitu : pertama, Kurangnya ketersedian fasilitas penunjang media pembelajaran. Kedua, materi Sejarah yang cendrung berisi teks-tesk panjang. Ketiga, Rendahnya minat dan motivasi siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi dan Tahap-tahap Metode Bercerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 04 Dec 2015 08:32 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 02:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39790 |
Actions (login required)
View Item |