Setiawan, Daman and , Rinasari Kusuma, M.I.Kom and , Nur Latifah Umi Satiti, M.A (2014) Pengaruh Keterbukaan Diri Anak Kepada Orang Tua dan Gaya Mendidik Orang Tua Terhadap Kenakalan Anak di Sekolah Pada Siswa Kelas X SMAN 2 Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (255kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman depan.pdf Download (339kB) |
|
PDF (Bab I)
Bab 1.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
PDF (Bab III)
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
|
PDF (Bab IV)
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi)
Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
Abstract
Peran orang tua sangat penting dalam memantau perkembangan anak di rumah maupun di sekolah sehingga dapat mencegah tindak kenakalan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara keterbukaan diri anak kepada orang tua dan gaya mendidik orang tua dengan kenakalan anak di sekolah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar yang berjumlah 178 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar sebanyak 64 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Random Samping, yaitu pengambilan secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada korelasi positif antara keterbukaan diri anak kepada orang tua dengan penurunan tingkat kenakalan anak di sekolah pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Semakin tinggi keterbukaan diri anak kepada orang tua, maka semakin rendah tingkat kenakalan anak di sekolah. Sebaliknya semakin rendah keterbukaan diri anak kepada orang tua, maka semakin tinggi tingkat kenakalan anak di sekolah; 2) Ada korelasi positif antara gaya mendidik orang tua dengan penurunan tingkat kenakalan anak di sekolah pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Semakin baik gaya mendidik orang tua, maka semakin rendah tingkat kenakalan anak di sekolah. Sebaliknya semakin kurang baik gaya mendidik orang tua, maka semakin tinggi tingkat kenakalan anak di sekolah; 3) Ada korelasi positif antara keterbukaan diri anak kepada orang tua dan gaya mendidik orang tua dengan penurunan tingkat kenakalan anak pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Semakin tinggi keterbukaan diri anak kepada orang tua dan semakin baik gaya mendidik orang tua, maka semakin rendah tingkat kenakalan anak di sekolah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterbukaan diri anak kepada orang tua, gaya mendidik orang tua, kenakalan anak di sekolah |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Maria Husnun Nisa |
Date Deposited: | 25 Nov 2015 10:06 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 00:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39614 |
Actions (login required)
View Item |