Mustofa, Rosyad and , Drs. M. Yahya, M.Si (2015) Penggunaan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Geometri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (451kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf Download (362kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (122kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bahwa melalui penggunaan alat peraga dapat meningkatkan penguasaan materi geometri, 2) untuk mengetahui keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa. Subyek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas II SD Langgenharjo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati sejumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan guru, siswa dan supervisor yaitu kepala sekolah. Analisis data secara deskriptif kualitatif melalui metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan, kemudian proses analisis data dikembangkan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan mencari daya serap siswa melalui latihan soal pada setiap siklus. Data sebelum diadakan penelitian yaitu : 1) siswa yang tuntas belajar sebesar 40 %, 2) siswa yang belum tuntas sebesar 60 %. Data penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi geometri, yaitu : 1) siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 60 % atau terdapat peningktan sebesar 20 % dari sebelum tindakan, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebesar 40 %, 2) siswa yang tuntas pada siklus II sebesar 80 % atau terdapat peningkatan sebesar 20 % pada tindakan siklus I, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebesar 20 % atau terdapat penurunan sebesar 20 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan penggunaan media alat peraga dapat meningkatkan penguasaan materi geometri siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media alat peraga, penguasaan materi geometri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 25 Nov 2015 05:00 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39591 |
Actions (login required)
View Item |