Khotimah, Khusnul and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2015) Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran NHT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
artikel publikasi khusnul A54E131005.pdf Download (312kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
hal judul & daftar isi.pdf Download (426kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (153kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran all.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
pernyataan pubilkasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah siswa kurang berminat karena siswa menganggap matematika itu sulit, akhirnya hasil belajar siswa dan keaktifan dalam mengikuti pembelajaran matematika menjadi rendah. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kualitas pendidikan di bidang matematika. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah peningkatan keaktifan belajar matematika siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan model pembelajaran NHT terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 1 Soditan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang yang berjumlah 32 siswa. Obyek penelitiannya adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran NHT untuk mengetahui keaktifan belajar siswa. Data penelitian yang diperoleh dari hasil wawancara sebelum kegiatan, observasi selama kegiatan pembelajaran dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan untuk memperoleh data keaktifan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan analisis komparatif dan data penerapan pembelajaran NHT menggunakan analisis kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan keaktifan belajar siswa dalam kelas mengalami peningkatan. Dengan demikian pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Belajar Siswa, Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran NHT |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 24 Nov 2015 03:00 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39589 |
Actions (login required)
View Item |