Ngapini, Ngapini and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum. (2015) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Sederhana Melalui Model STAD Siswa Kelas III Semester II SDN Jrahi 01 Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
SAMPUL DEPAN.pdf Download (651kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran Matematika pada materi pecahan sederhana di kelasa III semester II pada SDN Jrahi 01, kegiatan dilaksanakan sesuai dengan rencana pembelajaran. Setelah melaksanakan evaluasi, ternyata pembelajaran pada materi pecahan sederhana belum berhasil. Penyebab belum berhasilnya pembelajaran pada materi pecahan sederhana adalah kueangnya keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam materi pecahan sederhana di kelas III (tiga) semester II (dua) pada SDN Jrahi 01 Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui metode pembelajaran tipe STAD.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Obyek penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa dan penggunaan model pembelajaran tipe STAD. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi (pengamatan), dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dengan cara pensekoran dan prosentase. Hasil penelitian dalam pembelajaran awal (Pra Siklus) siswa yang aktif hanya ada 5 siswa dari 14 siswa keseluruhan, pembelajaran pada Siklus I ada 8 siswa, sedangkan pada Siklus II ada 12 siswa. Jika dibuat dalam persentase, maka persentase keaktifan dalam pembelajaran awal (Pra Siklus) hanya mencapai 35,7 %, pada pembelajaran Siklus I mencapai 57,1 % dan pada pembelajaran Siklus II mencapai 85,7 %. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa keaktifan belajar siswa pada materi pecahan sederhana di kelas III semester II SDN Jrahi 01 dapat ditingkatkan melalui penerapan pembelajaran model STAD
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan belajar, Metode STAD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 04:08 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39562 |
Actions (login required)
View Item |