SABTI, Endah Malami and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2015) Peningkatan Keaktifan Membaca Lancar Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas I SD Negeri Kedalon 03 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2014-2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (704kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (678kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (180kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI ENDAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan membaca lancar melalui media gambar. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas I SD Negeri Kedalon 03 yang berjumlah 22 siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi dan unjuk kerja. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Prosedur penilaian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, tindakan, pengamatan dan penyusunan rencana. Proses penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masingmasing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan membaca lancar belajar siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai ratarata kelas hasil belajar siswa sebesar 68,18% dan pada siklus II sebesar 86,36%. Hasil pengolahan data keaktifan membaca lancar pada siklus I dari 22 siswa hanya 3 siswa atau 13,6% yang mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan pada siklus I terjadi peningkatan yaitu ada 15 siswa atau 68,18% yang mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II mencapai ketuntasan 86,36% yaitu siswa yang tuntas ada 19 dan yang belum tuntas hanya 3 anak. Peningkatan keaktifan membaca lancar Media gambar pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I dapat meningkatkan keaktifan membaca lancar siswa. Semoga media ini bisa menjadi salah satu alternatif media pembelajaran bagi rekan-rekan guru
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan keaktifan membaca lancar,Media gambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 02:09 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39560 |
Actions (login required)
View Item |