Peningkatan Pemahaman Pembelajaran IPA Melalui Metode CTL Pada Siswa Kelas IV SDN Kayen 05 Tahun 2014 /2015

Alfiani, Siti and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Peningkatan Pemahaman Pembelajaran IPA Melalui Metode CTL Pada Siswa Kelas IV SDN Kayen 05 Tahun 2014 /2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
11. NASKAH PULIKASI.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (halaman Depan)
02. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (12MB)
[img] PDF (Bab I)
03. BAB 1.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Bab II)
04. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab III)
05. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (Bab IV)
06. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] PDF (Bab V)
07. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] PDF (Lampiran)
09. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar IPA dengan penerapan metode Contextual Teaching Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Kayen 05 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan . Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan adanya pemahaman pembelajaran IPA kemampuan anak dalam mengingat materi pelajaran sebelum tindakan hanya 52% pada siklus I meningkat menjadi 80 % hal ini menunjukkan perubahan disiklus I terjadi peningkatan dan penelitian setelah siklus II kemampuan anak dalam mengingat materi menjadi 92 % siswa mengetahui dan memahami apa yang dikomunikasikan darimateri yang dipelajari sebelum tindakan adalah 48 pada tindakan siklus I lebih meningkat lagi menjadi 76 % dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 88 % siswa mampu menjawab soal yang diberikan sebelum tindakan adalah 48 % dan setelah penelitian tindakan pada siklus I menjadi 68 % dan pada penelitian tindakan disilkus II ini meningkat lagi menjadi 84 % Metode CTL dapat meningkatkan pemahaman pembelajaran IPA mahkluk hidup ( simbiosis ) pada peserta didik kelas IV SDN Kayen 05. Hal ini terbukti dari nilai belajar IPA peserta didik di kelas IV yang mencapa i KKM pada saat sebelum penelitian adalah 12 siswa 52 % pada siklus I adalah16 siswa 64 % dan meningkat pada siklus II menjadi 21 siswa 84 % pada kesimpulan diatas maka hipotesis penelitian diterima kebenaranya Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Kayen 05 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun 2014/ 2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman pembelajaran IPA, Metode CTL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Nov 2015 07:09
Last Modified: 11 Oct 2021 02:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39532

Actions (login required)

View Item View Item